Variabel Kondisi Pembelajaran
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
TUGAS ESAI KECIL
Disusun untuk memenuhi tugas esai kecil Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran yang diampu oleh Bapak Prof. Parno, M.Si
Dibuat oleh : Erisa Alifia Putri NIM 200351615631
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
OKTOBER
2021
Narasi Kecil “Variabel Kondisi dalam
Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran”
Gambar Perencanaan Pembelajaran
Menurut
Regeluth dan Merrill (1979), dalam kondisi pembelajaran terdapat beberapa
variabel yang mempengaruhi penggunaan variabel metode, yaitu tujuan dan
karakteristik bidang studi, kendala dan karakteristik bidang studi, dan
karakteristik peserta didik. Tujuan pembelajaran merupakan acuan dalam
memperoleh hasil pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Tujuan pembelajaran
dapat menjadi arah dalam menentukan sesuatu yang ingin kita dapatkan dalam
pembelajaran. Tujuan pengajaran dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yang
sejalan dengan dua jenis strategi pengorganisasi pengajaran (strategi makro dan
mikro), yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Sedangkan karakteristik bidang
studi didefinisikan sebagai aspek-aspek pada suatu bidang studi yang dapat
memberikan landasan yang berguna dalam mendeskripsikan strategi pembelajaran.
Karakteristik setiap bidang studi sangat berbeda-beda sehingga untuk mengatasi
perbedaan karakter antara satu bidang studi dengan bidang studi yang lain maka
diperlukan penggunaan strategi dan media yang berbeda pula. Selain perbedaan
karakter dari tiap bidang studi, perlu diperhatikan pula perbedaan karakter
dari tiap peserta didik. Perbedaan karakter peserta didik dapat dilihat dari
beberapa aspek seperti aspek fisik, aspek intelektual, aspek spiritual, aspek
sosial-emosional, aspek moral, dan aspek latar belakang sosial dan budaya.
Kondisi belajar dan pembelajaran yang efektif yaitu kondisi
lingkungan yang menunjang pembelajaran seperti ruang pembelajaran, pengaturan tempat duduk,
ventilasi dan pengaturan cahaya, pengaturan dalam menyimpan barang-barang. Cara
mendiagnosanya dengan mengidentifikasi adanya masalah belajar, menelaah atau
menetapkan status siswa, memperkirakan sebab terjadinya masalah belajar.
Disadari
bahwa kelas yang kondusif dapat menghindari siswa dari kejenuhan, kebosanan dan
kelelahan psikis sedangkan disisi lain kelas yang kondusif akan dapat
menumbuhkan minat motivasi dan daya tahan belajar. Untuk membantu guru
mencipatkan kondisi pembelajaran dan suasana interaksi yang dapat mengundang
dan menantang siswa untuk berkreasi secara aktif, pembelajaran yang kondusif
dan menyenangkan berarti materi yang disampaikan guru dapat diterima dengan
mudah oleh siswa dan siswa akan lebih tertarik mendalam materi yang disampaikan
oleh guru. Suasana belajar yang kondusif akan tercipta apabila didukung dengan
suasan yang nyaman dan tentram di sekitar kelas atau sekolah. Lokasi sekolah
yang terlalu dekat dengan keramaian seperti pasar, pinggiran jalan raya atau
pabrik cenderung mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar.
Perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan
perumusan tujuan yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran, metode
yang digunakan untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, bahan materi yang akan
disajikan, cara menyampaikannya, persiapan alat atau media yang digunakan.
Dengan tujuan bahan metode atau teknik serta evaluasi atau penilaian dapat
diatur dan ditetapkan sebelum pelaksanaan pembelajaran. Secara umum manfaat
dari media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dan siswa
sehingga kegiatan belajar lebih efektif dan efisien. Adapun beberapa fungsi
dari perencanaan pembelajaran yaitu fungsi kreatif, inovatif, selektif,
prediktif, dan juga komunikasi. Dalam perencanaan pembelajaran juga terdapat
beberapa prinsip seperti prinsip pengembangan, prinsip perbedaan, prinsip minat
dan kebutuhan anak, dan juga prinsip motivasi. Dengan memiliki waktu yang
singkat, pengajar diharapkan mampu merancang kegiatan pembelajaran yang efisien
untuk melakukan hal tersebut. karena dalam hal ini peran pelajar dalam
perencanaan pembelajaran dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar dengan
mempertimbangkan beberapa aspek penting yaitu metode pembelajaran, media
belajar dan aspek-aspek lain yang dapat mempengaruhi tingkat perkembangan
siswanya.
Berikut link esai kecil saya:
Komentar
Posting Komentar